Otomikosis !!

By Mohd Syis Zulkipli. B.Med

Otomikosis adalah infeksi jamur pada kanalis telinga yang sering terjadi akibat dari koloni jamur Aspergillus niger, A. Fumigatus maupun Candida albicans. Infeksi ini sering kali terjadi di iklim yang panas dan lembap di kawasan tropikal dan subtropical. Pertumbuhan jamur juga ditemukan pada pasien yang menggunakan antibiotik topikal untuk pengobatan otitis externa ataupun middle ear suppuration.

Tanda dan gelaja klinis otomikosis termasuk; gatal, otalgia, discas, dan penyumbatan telinga. Massa fungi terlihat seperti wet news paper like mass yang boleh berwarna putih, hitam ataupun cokelat. Pada pemeriksaan dengan menggunakan otoskop, A.niger tampak seperti pertumbuhan filamen "black headed". Pada A.fumigatus warna biru pucat ataupun hijau dan Candida berwarna putih atau deposit berkrim. Pada inspeksi didapatkan kulit meatal merah dan edema.

Untuk manajemen, "ear toilet" harus dilakukan untuk membersihkan discas dan debris epitel yang menyumbang kepada medium pertumbuhan jamur. Antibiotik spesifik untuk Candida, Nystatin (100,000 unit/ml propylene glycol) dapat diberikan dan sangat efektif terhadap candida. Antibiotik spektrum luas yang dapat digunakan termasuk clotrimazole, povidone iodine, dan 2% asam salicylic dalam alcohol.

Comments

Popular Posts